Tampil Beda Modifikasi

28

Tampil Beda Modifikasi – 

  1. Tampil Beda, Modifikasi Ekstrim Mobil Ini Tidak Dikenali Merk Aslinya

 

Tampil Beda Modifikasi
Ingin tampil beda” selalu menjadi keinginan setiap manusia.

“Ingin tampil beda” selalu menjadi keinginan setiap manusia. Di Nusantara Auto Battle 2018, salah satu anggota komunitas Autofahren, Adit melakukan perombakan mobilnya secara ekstrim. Dalam modifikasinya, mobil Adit hampir tidak dikenali merk aslinya.

Adit mengaku bahwa mobilnya adalah jenis Honda CR-V keluaran 2008 yang dimodifikasi gaya ekstrim.

“Ini adalah Honda CR-V  tahun 2008.  Modifikasinya aliran ekstrim. Body Kit dibuat Extreme Wide ala Liberty Walk,” ungkap Adit (10/11/18) di diler Honda Cawang, Jakarta Timur.

Pada tampilan depan, Adit mengatakan membuat sedemikian rupa mirip dengan Range Rover. Selain itu, tambahan detail modifikasi ekstrim CR-V 2008 ini terletak pada bagian Grille yang mengadopsi konsep Toyota Harrier.

Pada pilar B, pintu depan dan belakang CR-V 2008 milik Adit digabung. Yang membuatnya semakin terlihat berbeda adalah ketika pintu dibuka dengan cara digeser keatas, maka kedua pintu juga ikut terbuka. Soal pemilihan cat, Adit juga mengadopsi tema futuristik, dimana velg 24 inci yang diberi kesan lecet oleh tehnik airbrush.

“Pintunya digabung depan belakang. Membukanya ke atas. Biasanya kan orang modifikasi dengan pintu gunting atau yang lain. Kalau ini jarang yang bikin.” Jelas Adit.   

Dari segi interior, Adit melakukan perubahan total. LCD yang berjumlah banyak serta 4 Subwoofer yang dilengkapi 17 pengeras suara.

Untuk memodifikasi CR-V 2008, Adit mengunjungi 6 bengkel dengan waktu pengerjaan selama 3 bulan. Harga yang telah dikeluarkan pun cukup fantastis.

“Biayanya, ya kira-kira setara dengan tiga mobil Honda CR-V tahun 2010,” tutur Adit.

  1. Gaikindo Rilis Mobil Kabin Ganda Terlaris

 

Gaikindo Rilis Mobil Kabin Ganda Terlaris  
Sebagai negara industri, Indonesia tak lekang oleh kendaraan komersil.

Sebagai negara industri, Indonesia tak lekang oleh kendaraan komersil. Gabungan Kendaraan Bermotor Indonesia, Gaikindo rilis data penjualan Wholesale mobil kabin ganda yang sukses merajai penjualan termin Januari – September 2018, dimana totalnya mencapai 12.142 unit.

Pabrikan yang telah menjual mobil kabin ganda terdiri dari 4 jenama, yaitu Nissan, Toyota, Isuzu dan Mitsubishi. Berikut adalah beberapa nama mobil kabin ganda yang menempati kategori terlaris termin Januari – September 2018.

Nissan Navara menempati urutan ketiga dengan capaian 661 unit. Hal ini berbeda cukup jauh dengan mobil kabin ganda rilisan Toyota, Hilux. Mobil rakitan Thailand tersebut memperoleh 7 kali lipat dari capaian Navara dengan penjualan sebanyak 4.245 unit.  

Pada urutan pertama,  Gaikindo menyebut Mitsubishi yang menjadi raja penjualan mobil kabin ganda dengan mencatatkan penjualan sebanyak 6.874 unit. Adalah Triton jenis Double Cabin lah yang menjadi pilihan pengguna kendaraan kabin ganda yang diminati Indonesia. Dengan capaian ini, Triton menjadi penyumbang capaian Mitsubishi kedua terbesar setelah jagoan utamanya, Xpander.

  1. BLITS Urungkan Niat Tampil di Rally Dakar.

 

BLITS Urungkan Niat Tampil di Rally Dakar.
BLITS, mobil listrik garapan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) urungkan niat untuk tampil di Rally Dakar 2018. Hal tersebut dikarenakan BLITS belum memadai uji lapangan.

BLITS, mobil listrik garapan Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) urungkan niat untuk tampil di Rally Dakar 2018. Hal tersebut dikarenakan BLITS belum memadai uji lapangan. BLITS yang merupakan hasil kolaborasi mahasiswa Universitas Budi Luhur dan ITS memang ditujukan untuk tampil di kompetisi Rally Dakar.

Pimpinan proyek BLITS, Yoga Uta Nugraha mengatakan bahwa membatalkan tampilnya BLITS di Rally Dakar dikarenakan fokus tim untuk keamanan faktor teknis dari BLITS serta uji kelayakan yang akan dilaksanakan dengan Perusahaan Listrik Negara.

”Akhirnya kita fokus pengujian dulu. Kita akan menjelajah Indonesia dengan dukungan dari PLN. Kita pastikan Drivetrain, Controller, ECU dan Battery Pack aman digunakan,” tandas Yoga pada Jumat (9/11/2018).

BLITS sendiri akan melakukan uji lapangan dengan menempuh jarak sejauh 15.000 kilometer, dimulai dari Surabaya lewati Jakarta, Kalimantan, Sulawesi dan berakhir di Surabaya lagi.

Keikutsertaan perusahaan Spanyol, Acciona di Rally Dakar seri 2015 dan 2016 menjadi referensi tim BLITS sebagai mobil listrik yang mengikuti kejuaraan tersebut. tim BLITS sendiri sudah membagikan fokus kajian terhadap mobil listrik ini yang direncanakan ikut serta pada 2021. 

“Sekarang kita bagi tugas sama teman-teman Budi Luhur. Mereka yang memiliki pengalaman ikut reli Dakar mencoba belajar ke Acciona terkait teknis. Kami bagian yang melakukan pengujian dan daya tahan. Kita perkirakan dapat ikut reli di tahun 2021,” tandas Yoga.

 

  1. Ubah Xpander Exceed Jadi Ultimate, Begini Caranya

 

Ubah Xpander Exceed Jadi Ultimate, Begini Caranya  
Mobil keluarga ini memang sudah tidak perlu lagi dipertanyakan popularitasnya.

Mobil keluarga ini memang sudah tidak perlu lagi dipertanyakan popularitasnya. Mitsubishi Xpander yang mempunyai beragam tipe dari GLX sampai Ultimate tidak mempunyai perbedaan yang cukup jauh. Atas alasan tersebut, beberapa produsen Aftermarket punya siasat untuk pemilik Xpander Exceed yang ingin mengubahnya menjadi tipe Ultimate.

Perkumpulan Pengusaha Aksesori Indonesia, PAHAMI menjelaskan bahwa beragamnya produk Aftermarket yang tersedia di Indonesia akan memandu anda untuk merombak Xpander Exceed menjadi Ultimate.

Edison, pengurus PAHAMI mengaku bahwa produsen Aftermarket sudah mengadopsi beberapa bagian dan aksesoris dari Xpander, sehingga untuk mengubah jenis Exceed menjadi Ultimate merupakan sebuah perkara mudah.

  • Bodi Eksterior

Edison yang juga menjabat sebagai Direktur Pemasaran PT Sehati Prima Makmur mengatakan bahwa dibutuhkan sekitar 12 juta Rupiah untuk memodifikasi tampilan eksterior Xpander.

“Dari bodi ada penambahan rear corner, front garnish, front lower garnish, over fender, roof rail, side skirt, chrome handle, chrome mirror,” tutur Edison.

  • Interior

Dari segi interior Venom menjadi jenama untuk Audio, Head Unit Asuka serta karpet jenis Comfort menjadi rekomendasi Edison untuk ubah Xpander Exceed jadi Ultimate.

Lebih lanjut Edison mengatakan “Audio pakai Venom, Plug and Play juga pemasangannya. Ada tambahn subwoofer, tweeter. Head unit Asuka, karpet Comfort model mie. Untuk tenaga, pakai Hurricane yang membuat stabil pemakaiannya.

  • Velg

 

TKB Group Indonesia juga memberikan rekomendasi untuk merombak Xpander exceed menjadi ultimate serta membuatnya tampil berbeda dan hanya milik anda sendiri. TKB Group menyarankan ring 18 HSR tipe Rasta 2 untuk Xpander Hitam, sehingga kesan kokoh dan garang Xpander Ultimate ala anda hanya dimiliki oleh anda sendiri. Bagi anda yang memiliki Xpander berwarna Pearl White, TKB Group menyarankan HSR Fairmont JD 8382 untuk kesan mewah Xpander ultimate ala TKB Group.

 

  1. Beberapa Tips Untuk Pemula Off Road

 

Begitu banyak cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Mulai dari aktivitas yang menenangkan sampai yang memacu adrenaline seperti Off Road.

 

Begitu banyak cara untuk menghilangkan rasa jenuh. Mulai dari aktivitas yang menenangkan sampai yang memacu adrenaline seperti Off Road. Namun, menjajaki aktivitas Off Road bukanlah perkara mudah, pasalnya dari segi transmisi, kondisi medan serta faktor teknis dan non-teknis harus dipelajari se-detil mungkin.

Jika anda ingin terjun ke dunia Off Road, inilah beberapa tips yang harus anda simak.

  • Gabung Komunitas

Sebagai pemula, jangan pernah mencoba aktivitas Off Road tanpa didampingi serta diawasi oleh yang berpengalaman. Standar keselamatan Off Road mengharuskan kabin kendaraan berisi 2 sampai 3 orang. Untuk itulah mengapa bergabung dalam komunitas menjadi hal yang perlu.

  • Kuasai Skill

Setelah bergabung dengan komunitas, manfaatkan kesempatan tersebut untuk berinteraksi kepada member yang sudah mempunyai jam lintas yang mumpuni untuk Off Road. Hal tersebut menjadi perlu karena dibutuhkan pengalaman serta kemampuan ekstra dalam melintasi medan yang tidak biasa. Satu hal yang mesti dimiliki para Off Roader adalah kestabilan emosi, jika emosi ridak stabil kemungkinan waktu tempuh yang lambat serta kerusakan pada mobil akan anda rasakan.

  • Perhatikan Bagian Vital Pada Kendaraan

Selain cadangan bahan bakar yang tercukupi, faktor teknis terletak pada bagian kaki-kaki. Selain ban jenis Off Road, pemilihan velg juga harus diperhatikan dari segi kekokohannya untuk menopong bobot kendaraan yang anda pakai untuk Off Road. TKB Group mempunyai beberapa rekomendasi untuk velg yang mampu menjaga keselamatan anda dengan harga yang terjangkau.

Untuk anda pengguna velg ring 17 terdata jenis EMR 901 Matte Black seharga 6 juta Rupiah. Sementara untuk anda yang menginginkan velg ring 20 terdapat HSR EMR 974 dengan 4 lubang baut. Selain aman dalam Off Road, tampilan kendaraan anda semakin terlihat maskulin. Untuk mendapatkan velg tersebut, langsung saja kunjungi situs www.tkbgroupindonesia.com

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.